GKs Berbatik

Gaussian Kamis School of Creativity mengucapkan Selamat Hari Batik Nasional (2 Oktober)

Semarang, 7/10, Batik merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang sudah semestinya kita lestarikan. Batik adalah kain Indonesia bermotif atau bergambar yang dibuat secara khusus dengan proses melukiskan atau menerakan malam pada suatu kain, lalu diolah sedemikian rupa dengan cara tertentu hingga memiliki ciri khas tersendiri.

Dilansir dari Wikipedia.org, Batik dianggap sebagai ikon budaya penting di Indonesia, “Hari Batik Nasional” dirayakan setiap tahun pada tanggal 2 Oktober. Masyarakat Indonesia hingga hari ini terus mengenakan batik sebagai busana kasual dan formal.

Foto diambil dari batik hijau – Bing images

Gaussian Kamil School berupaya turut serta melestarikan salah satu kebudayaan Indonesia yang satu ini (batik). Salah satu cara pelestariannya adalah mengenalkan busana batik kepada peserta didik.
Sebelum pandemi covid-19 melanda, peserta didik dan juga guru datang ke sekolah dengan menggunakan busana batik pada suatu waktu yang telah ditentukan. Tujuannya yaitu agar anak-anak mengenal dan memahami bahwa Indonesia memiliki salah satu identitas yang sangat cantik yaitu batik.

Guru-guru Gaussian Kamil School of Creativity memakai batik (foto diambil sebelum pandemi covid-19)

Dengan senang hati anak-anak datang ke sekolah berpakaian batik, mereka berfoto dan saling menunjukkan baju batik mereka ke teman-temannya. Hal ini tentu sangat baik untuk anak, selain anak menjadi tahu jika motif batik itu beragam, mereka juga berlatih untuk menyampaikan pendapat, bertanya, dan percaya diri.

Salah satu peserta didik Gaussian Kamil School of Creativity menggunakan batik (foto diambil sebelum pandemi covid-19)
Guru dan peserta didik Gaussian Kamil School of Creativity menggunakan batik (foto diambil sebelum pandemi covid-19)

Selamat Hari Batik Nasional. Mari cintai, kagumi, dan sayangi. Lestarilah Batik Indonesiaku !