Skip to content

KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN

Pembelajaran berbasis Creative Curriculum

Model pembelajaran pada Gaussian Kamil School menggunakan pendekatan sistem sentra dan creative curriculum. Model pembelajaran ini dimodifikasi dengan prinsip-prinsip pendidikan Gaussian yang menekankan pada Inquiry and Discovery Learning sebagai kekhasan pengembangan kurikulum di lembaga ini. Sentra-sentra yang ada di Gaussian Kamil School didesain dengan fleksibel disesuaikan kebutuhan perkembangaan anak. Media pembelajaran yang kami gunakan merupakan media dengan bahan yang terbaik dan terjamin keamanannya. Sentra yang dibuka adalah Sentra Main Peran (Dramatic Play Center), Sentra Persiapan (Readiness Center), Sentra Bahan Alam (Messy Play and Science Center), dan Sentra Seni (Art Center).

DRAMATIC PLAY CENTER

DRAMATIC PLAY CENTER

Dalam Dramatic Play Center ini, anak diberi kesempatan dan keleluasaan untuk berimajinasi sesuai dengan peran yang dimainkan. Anak memainkan peran sesuai dengan tema dan peran-peran yang ada di lingkungan sekitar. Melalui kegiatan ini, anak dapat mengembangkan kemampuan emosional, sosial dalam berinteraksi dengan teman, kreativitas dalam berpikir, dan kemampuan untuk menyelesaikan masalah (problem-solving).

MESSY PLAY AND SCIENCE CENTER

MESSY PLAY AND SCIENCE CENTER

Messy Play and Science Center merupakan sentra dimana anak diberikan kegiatan-kegiatan yang dapat menstimulasi perkembangan sensori motor anak. Dalam center ini, anak dapat mengeksplor segala hal yang berhubungan dengan bahan alam dan diajak untuk menginvestigasi serta melakukan percobaan-percobaan sederhana, sehingga dapat menstimulasi kemampuan anak untuk menganalisa dan menemukan sesuatu.

ART CENTER

ART CENTER

Melalui kegiatan di Art Center, anak diberikan kesempatan untuk menciptakan karya seni sesuai dengan ide-ide kreatif mereka. Untuk meangakomodasi ide kreatif anak, anak diberikan segala macam bahan untuk menciptakan karya seni. Kemampuan berpikir kreatif dan berimajinasi dikembangkan secara optimal dalam sentra ini.

READINESS CENTER

READINESS CENTER

Dalam Readiness Center, anak diberikan tentang pengenalan angka dan huruf  secara alamiah sambil bermain. Kemampuan ini dibangun agar anak memiliki kesadaran akan literasi yang berdekatan dengan lingkungan sekitarnya.

 

Pembelajaran berbasis imersi

Pembelajaran dikemas secara bilingual untuk mempersiapkan dan memberikan pengalaman anak menghadapi globalisasi. Bahasa asing akan menjadi keseharian bagi anak sehingga anak belajar bahasa asing dengan natural. Tema-tema dikemas dengan fleksibel dan memberi kesempatan anak untuk menentukan tema sesuai minat dan kebutuhannya.

 

Pembelajaran Pluralisme

Kurikulum Gausian Kamil School menitikberatkan pada prinsip pendidikan tokoh Gaussian yang mengutamakan pluralitas (keberagaman) sebagai bagian dalam pengembangan pendidikan sehingga anak terbiasa membuka pikiran dengan segala bentuk keberagaman yang akan mereka hadapi dalam kehidupan sekitar. Potensi beragam dalam diri anak adalah sebuah investasi besar bagi Gaussian Kamil School untuk ditumbuhkembangkan dengan pola-pola kreatif yang akan menjadikan anak sebagai individu yang tangguh dan berpotensi besar.

 

Pembelajaran berbasis Karakter

Pembelajaran dan pola pengasuhan di Gaussian Kamil School menanamkan nilai-nilai budi pekerti dan religi sejak usia dini. Melalui pembelajaran dan pola pengasuhan tersebut, diharapkan anak memiliki sifat, sikap, dan perilaku:

  • Taat pada agama yang dianut
  • Sopan santun dalam setiap tutur kata dan tindakan
  • Motivasi dan semangat yang tinggi
  • Cerdas dan kreatif