Skip to content

SEJARAH

Gaussian Kamil School didirikan pada tahun 2017 oleh Prof Supriyadi Rustad. Pendirian Gaussian Kamil School bertujuan untuk menjawab kebutuhan pendidikan bagi anak usia dini warga Kota Semarang dan sekitarnya dengan konsep pendidikan yang mempertemukan kecemerlangan internasional dan kesalehan sosial.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2013 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 1 butir 14 menyatakan bahwa pendidikan anak usia dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

Mencermati pernyataan tersebut dapat dipahami bahwa pendidikan anak usia dini (PAUD) memiliki peran yang amat strategis dalam peletakan dasar-dasar perkembangan anak sebelum memasuki jenjang pendidikan dasar. Menyadari akan pentingnya pendidikan anak usia dini ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia mulai tahun 2016 mewajibkan siswa mengikuti PAUD yakni TK dan kelompok bermain sebelum memasuki Sekolah Dasar (SD). Anies Baswedan saat menjabat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan mengatakan bahwa UNESCO mengharuskan anak-anak belajar dulu satu tahun sebelum masuk SD (https://id.theasianparent.com, diunduh tanggal 30 September 2016).

Jika dianalisis lebih mendalam, terdapat beberapa manfaat PAUD atau pendidikan pra SD bagi anak. Beberapa manfaat tersebut di antaranya: 1) PAUD akan membantu pembentukan struktur otak anak; 2) memberikan kesempatan anak untuk memperoleh jawaban atas rasa ingin tahu yang tinggi serta tempat penyaluran bakat yang tepat; 3) memberikan tambahan aktivitas yang lebih terstruktur; 4) melatih anak berinteraksi dengan orang lain untuk mengelola perkembangan emosi-sosial anak; 5) melatih disiplin dan taat mengikuti perintah dengan menyenangkan; 6) meningkatkan kepercayaan diri anak. Beberapa manfaat tersebut tentu akan didapatkan pada lembaga penyelenggaraan PAUD yang berkualitas.

Kebutuhan akan penyediaan PAUD berkualitas di daerah yang sedang berkembang amat tinggi. Daerah berkembang ini ditandai dengan berdirinya beberapa kawasan pemukiman/perumahan baru yang dihuni oleh pasangan muda dengan anak pada usia tingkat PAUD atau SD. Kecamatan Gunungpati Kota Semarang sebagai salah satu daerah berkembang mengalami kondisi yang serupa. Masyarakat Gunungpati dan sekitarnya amat membutuhkan penyediaan PAUD yang berkualitas. Keberadaan kampus Universitas Negeri Semarang (UNNES) di Kecamatan Gunungpati disertai dengan keberadaan dosen dan tenaga kependidikan muda yang tinggal di wilayah sekitar kampus semakin mendorong timbulnya kebutuhan PAUD yang berkualitas.

Namun demikian, pada kenyataannya jumlah PAUD berkualitas di Kota Semarang masih sangat terbatas. PAUD dengan kualitas taraf internasional hanya ditemukan pada wilayah tertentu saja, utamanya di kawasan pemukiman elit. PAUD yang ada di masing-masing kelurahan di seluruh Kota Semarang umumnya adalah PAUD yang “biasa-biasa saja”. Beberapa PAUD yang berkualitas di Kota Semarang masih dipandang belum menyajikan konsep desain pendidikan yang komprehensif. Di satu sisi beberapa PAUD unggul dalam kecemerlangan internasional namun rapuh dalam penanaman nilai. Di sisi lain terdapat beberapa PAUD yang kokoh menanamkan nilai nilai kesalehan, namun tidak memiliki keunggulan secara internasional.

Saat ini masyarakat Kota Semarang masih membutuhkan PAUD dengan kualitas bertaraf internasional sekaligus menanamkan nilai-nilai kesalehan secara kokoh untuk menjawab kebutuhan pendidikan bagi warga Kota Semarang sebagai kota metropolis. Dibutuhkan PAUD dengan desain dan konsep penyelenggaraan pendidikan yang mempertemukan kecemerlangan internasional dan kesalehan sosial. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka dipandang perlu untuk didirikan PAUD dengan kualitas bertaraf internasional sekaligus menanamkan nilai-nilai kesalehan di Kota Semarang pada umumnya dan di Kecamatan Gunungpati pada khususnya. Hal tersebut menjadi alasan rasional pendirian Gaussian Kamil School.